PERBEDAAN ANTARA IP PUBLIC DENGAN IP PRIVATE

                                                               Assallamualaikum Wr.Wb

Hasil gambar untuk ip address
A. Pendahuluan.
      Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan antara Ip Public dengan Ip Private.

1. Pengertian.
  • Ip Public adalah IP yang bisa diakses langsung oleh internet.
  • Ip Privat adalah IP yang biasanya digunakan dalam jaringan yang tidak terhubung ke internet atau bisa juga terhubung ke internet tapi melalui NAT.
2. Latar Belakang.
      Sebagai penambah wawasan tentang ip.

3. Maksud Dan Tujuan.
      Untuk mengetahui perbedaan antara Ip Public dan Ip Private.

4. Hasil Yang Diharapkan.
     Kita dapat mengetahui perbedaan antara Ip Public dan Ip Pivate.

B. Alat Dan Bahan.

  • Pc/ Laptop 
  • Koneksi Internet.
C. Jangka Waktu Pelaksanaan.
     >45 menit.

D. Tahap Pelaksanaan.
     
   1. IP Public
     IP Public adalah IP yang bisa diakses langsung oleh internet. Analoginya IP Public itu seperti kamu punya nomer telepon rumah atau nomer HP yang bisa ditelepon langsung oleh semua orang. alamat-alamat ini telah ditetapkan oleh InterNIC dan berisi beberapa buah network identifier yang telah dijamin unik (artinya, tidak ada dua host yang menggunakan alamat yang sama) jika jaringan tersebut telah terhubung ke Internet.


    Sebuah alamat IP publik dapat berupa statis atau dinamis. Sebuah alamat IP public static tidak dapat berubah dan digunakan terutama untuk hosting halaman Web atau layanan di Internet. Di sisi lain sebuah alamat IP publik yang dinamis dipilih dari sebuah pool yang tersedia pada alamat dan perubahan masing-masing terjadi satu kali untuk menghubungkan ke Internet. Sebagian besar pengguna internet hanya akan memiliki IP dinamis yang bertugas untuk setiap komputer. Ketika terjadi disconnetted atau jaringan terputus/padam apabila menghubungkannya kembali maka otomatis akan mendapat IP baru.
    Server web internet, server DNS, router jaringan serta komputer yang terhubung langsung menggunakan alamat IP publik. Internet Assigned Numbers Authority (IANA) bertanggung jawab untuk menetapkan berbagai alamat ke organisasi seperti ISP (Internet Service Providers), karena mereka memiliki rentang IP ini. Pada gilirannya, ISP menetapkan alamat IP publik individu kepada pelanggan mereka.
Kelebihan :
  • Dapat dikenali dalam Internet dengan mudah, sebab langsung terhubung dengan Internet tanpa perlu membutuhkan proxy tertentu, server khusus, atau ditranslasikan leewat NAT.
Kekurangan :
  • Tingkat security yang lemah dan rentan diserang hacker, sebab IP ini akan diberikan sebagai alamat umum dan langsung terhubung ke Internet.
  • Biaya registrasi yang mahal, sebab merupakan alamat IP eksternal dan seperti kita tahu bahwa IP eksternal atau public sangat terbatas ketersediannya.
   2. IP Private.
     IP Private adalah IP yang bersifat pribadi dan lokal, lokal maksudnya IP ini hanya digunakan sebagai identifikasi komputer pada jaringan tertutup yang bersifat pribadi. IP private ini tidak bisa digunakan untuk mengakses jaringan internet karena pada umumnya IP private di seragamkan nilai awalnya agar sesama komputer di jaringan tersebut dapat saling berhubungan. Contoh IP lokal yang sering digunakan adalah IP 192.16x.x.xxx (kelas C).
Kelebihan :
  • Untuk masalah security, IP private cukup terproteksi sebab tidak berhubungan langsung dengan IP eksternal / umum, sehingga sulit untuk diserang para hacker.
  • Mengurangi biaya registrasi alamat IP, dengan cara membiarkan para pelanggan memakai alamat IP yang tidak terdaftar secara internal melalui suatu terjemahan ke sejumlah kecil alamat IP yang terdaftar secara eksternal.
Kelemahan:
  • Tidak dapat terkoneksi dengan internet tanpa menggunakan proxy server khusus, dan perlu ditranslasikan dengan NAT (Network Address Translator).
Contoh ip private:
10.0.0.0 – 10.255.255.255 (Total Addresses: 16,777,216)
172.16.0.0 – 172.31.255.255 (Total Addresses: 1,048,576)
192.168.0.0 – 192.168.255.255 (Total Addresses: 65,536)
E. Hasil Yang Didapat.
   Mengetahui Perbedaan antara IP Public dan IP Private.
D. Temuan Permasalahan
      Belum menemukan permasalahan.

E. Kesimpulan.
      Dapat disimpulkan bahwa IP Lokal tidak bisa di gunakan di internet secara langsung dan harus menggunakan NAT begitupun sebaliknya.

G. Referensi.
  Sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.

                                               Wassallamualaikum Wr.Wb
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar