A. Pendahuluan.
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa itu kerja profesional.
1. Pengertian.
- Pekerjaan: sutu hubungan yang melibatkan dua pihak antara perusahaan dengan para pekerja/karyawan. Para pekerja akan mendapatakn gaji sebagai balas jasa dari pihak perusahaan, dan jumlahnya tergantung dari jenis profesi yang dilakukan.
- Profesional: istilah bagi seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protocol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya.
Memberikan pengetahuan tentang kerja profesional.
3. Maksud Dan Tujuan.
Agar kita tahu cara nya kerja profesional.
4. Hasil Yang Diharapkan.
Dapat bekerja secara profesional sesuai dengan bidang pekerjaannya.
B. Alat dan Bahan.
- PC/Laptop.
- Koneksi Internet.
4 jam untuk sharing bersama.
D. Tahapan Pekerjaan.
- Assessment:suatu proses untuk mengetahui kemampuan seseorang, terhadap suatu kompetisi berdasarkan bukti-bukti.
- Profesional:pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan prosedur dan selalu bertanggung jawab atas kepercayaan yang telah diberikan.
- Pendidikan/Educaional:pembelajaran pengetahuan, ketrampilan, dan kebiasaan pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi dibawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berfikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar,sekolah menengah dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang.
>> Ciri-Ciri Pekerja Profesional.
- Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
- Tidak melempar tanggung jawab.
- Memiliki motivasi yang tinggi.
- Memiliki kepercayaan diri yang tinggi.
- Bersedia menerima kritik.
- Melakukan yang terbaik pada hari terburuk mereka.
- Tidak menunggu datangnya ide, melainkan menciptakannya.
- Bersedia memberi bantuan.
- Menguasai konsep dasar.
- Memiliki referensi yang kuat.
- Memiliki rencana dan program kerja yang jelas.
- Memiliki tanggung jawab yang tinggi.
- Berpengalaman dan menguasai sesuai dengan bidangnya.
- Selalu berpegang pada SOP, K3 dan ketentuan yang ada.
>< Pengertian Road Map.
rencana strategis yang menjelaskan tahapan yang perlu dilakukan dalam mencapai tujuan organisasi pada jangka pendek , menengah, dan panjang. Road Map pada tingkat nasional biasanya diperbaharui setiap 2-5 tahun sekali.
- Semakin banyak ahli yang terlibat maka semakin tajam analisis dan semakiin bisa diterima oleh banayk pihak.
- Pilih tenaga ahli yang tepat/kompeten dari bebagai pemangku kepentingan.
- Lakaukan analisis skenario baseline dan skenario kebijakan yang diinginkan.
- Analisis teknologi meliputi harga/biaya, kinerja, kesiapan, pabrikan,vendoor,penetrasi pasar dan keterbatasan.
- Analisis kondisi kebijakan meliputi peraturan perundang-undangan berlaku yang mempengaruhi teknologi dan pasar di Road Map.
E. Hasil Yang Didapatkan.
Agar tahu Road Map dan dapat menerapkannya dalam dunia kerja.
F. Temuan Permasalahan.
Belum ditemukan permasalahan.
G. Kesimpulan.
Jika kita bekerja sesuai dengan Road Map maka pekerjaan kita akan terstruktur.
H. Referensi.
Sekian yang dapat saya, sampaikan semoda bermanfaat.
Wassallamualaikum Wr.Wb
0 komentar:
Posting Komentar